17 Agustus: Menuju “Bebas Untuk “

Screen Shot 2017-08-17 at 08.49.46Hari ini Indonesia merayakan kemerdekaan ke-72. Merdeka adalah ekspresi kebebasan, sebuah hak dasar yang melekat dalam setiap manusia sejak dilahirkan. Ada dua makna kata bebas yang sering menjadi bahan ajar konsep hak: bebas dari dan bebas untuk. Bebas dari sudah terjadi dan diperjuangkan dengan darah dan air mata 72 tahun yang lalu ketika bangsa ini lepas dari kolonialisme dan imperialisme. Namun dalam gradasi kualitas, konsep kebebasan jenis ini purba, hanya sedikit bergeser dari watak barbar menuju tahap awal otonomi seorang individu atau kelompok.

Jenis yang satunya menunjukan tindakan otonom yang seharusnya lahir dari pilihan sadar seorang manusia bebas. Bebas untuk bertindak untuk mengejar harapan, menuangkan kreativitias, mendapatkan prestasi yang didambakan. Semuanya itu merupakan akumulasi dari pilihan seseorang, bahwa dia adalah individu yang mutlak memiliki hak untuk berkreasi. Mencipta dan membangun adalah kata kerja yang melekat dalam makna “bebas untuk”.

Setelah 72 tahun, bisa diterka berapa persen dari ekonomi nasional yang merupakan ekspresi dari bebas untuk. Berapa banyak petani, buruh, nelayan, dan profesi mayoritas lainnya yang memiliki kesempatan untuk berkreasi, mencipta dan membangun secara penuh kehidupannya sendiri. Tidak banyak, saya duga. Penjara pengetahuan, kungkungan sistem pemerasan, lintah darat, masih menjadi pergulatan kebebasan sehari-hari. Merdeka, dalam situasi ini, masih di tahun 1945. Perjuangan yang belum tuntas untuk lepas dari kemiskinan dan kebodohan. Bahkan suatu gejala baru pula masuk, lepas dari kebencian sektarian yang akhir-akhir ini justru mengeras dan mempertanyakan sedemikian rupa, apa sesungguhnya kebebasan yang kita rayakan saat ini.

Di atas semua itu, perayaan 72 tahun ini patut tetap disyukuri. Refleksi seperti ini harus pula dibangun sebagai wujud makna perayaan ini. Selamat Ultah Negara-ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s